Menaklukkan Rasa Malas (?)

13 Jan 2011

Bukan hal mudah melawn rasa malas, apalagi utuk hal-hal kebaikan. Begitu besar godaan yang datang, hingga perasaan-perasaan tidak penting sekalipun bisa mempengaruhi keputusan kita untuk mengerjakan sesuatu yang sesungguhnya (seandainya dikerjakan) banyak memberikan hasil positif bagi diri kita sendiri.

Saat seperti ini bagitu lemahnya kita, padahal ini buka karena kelemahan kita sendiri, tapi karena kita melemmahkan dengan sendiri dengan mengikuti rasa malas kita, kadang cendrung mengikuti hawa nafsu kita yang jelas-jelas akan membawa pada penyesalan di kemudian hari. Ini memang ironis, kita tidak bisa ‘congka” sama rasa malas kita.

Benar apa yang disabdakan Nabi Muhammad pada abad-abad yang telah berlalu, bahwa orang yang kuat adalah mereka yang bisa menaklukkan hawa nafsunya, bukanlah orang yang selalu menang dalam bergulat sesama manusianya. Lalu kenapa Nabi bersabda demikian??? Ini pertanyaa besar.

Karena sesungguhnya musuh besar kita adalah hawa nafsu yang tak tampak kasat mata, yang senantiasa selalu bisa menyerang kita dari masa saja dia mau, dengan memanfaatkan berbagai kelemahan kita.

Untuk urusan malas ini, saya sendiri masih belum menemuka ajian yang bisa memporak-porandakan musuh besar saya “rasa malas”. Tapi saya tetap tidak menyerah dengan keadaan yang kadang menyeret saya ke dalam lembah hitam ini. Suatu saat saya (yakin) pasti bisa menaklukkan “rasa malas” ini.
Amien…


TAGS Ibadah Nabi Hawa Nafsu Malas Godaan


-

Author

Follow Me